Pensil Charcoal


Pensil charcoal atau juga bisa disebut pensil arang berbahan dasar arang. Dalam prosesnya ada yang dicampur tanah liat lalu dipadatkan, dibentuk, dibungkus dengan kayu, hingga sama seperti pensil pada umumnya. Karakter pensil charcoal lebih hitam pekat dari pensil grafit. Setiap merek memiliki karakter berbeda, termasuk keunggulan dan kelemahan.

Perbeda grafit dan charcoal itu sangat menonjol, terutama pada tingkat kehitaman. Sehitam-hitamnya grafit masih terlihat nuansa abu-abu, tapi namanya charcoal ya arang, hitam pekat juga sensitif. Awal belajar menggunakan pensil charcoal bikin frustasi, sulit dikendalikan, area kerja mudah kotor, ketika meraut selalu patah dan tidak pernah runcing. Tapi kemudian setelah bisa menguasai, charcoal menarik untuk dieksplor.

Perbedaan selanjutnya adalah, bahan grafit akan memberi efek visual yang tidak utuh ketika kita memandang karya dari sudut miring atau tertentu, akan sedikit ada gangguan berupa warna yang mengkilat seperti pantulan cahaya perak. atau seperti efek minyak. maka warna tidak hitam lagi dan agak menjadi kelabu. Efek visual grafit yang tidak stabil ini kadang agak merepotkan ketika bekerja menyelesaikan gambar. Untuk menghilangkan efek tidak stabil dalam karya grafit, setelah selesai menggambar segeralah semprotkan fixsatif. Cara ini akan membuat warna pada karya menjadi stabil.

Efek minyak akan terlihat pada goresan pensil grafit ketika dilihat dari sudut tertentu.
Bandingkan gambar dengan garis merah (atas)
dan gambar bawah. Efek minyak akan terlihat pada goresan 
pensil grafit ketika dilihat dari sudut tertentu.
Keunggulan charcoal atau arang sebagai alat menggambar adalah warna charcoal akan tetap terlihat hitam dari sudut manapun dan mamapu mengejar tinggkat kegelapan yang maksimal. bisa mengolah tekstur kasar dari hasil arsiran, atau dengan teknik dussel bisa menjadikan garisan charcoal halus. walau demikian tetap setelah karya itu benar-benar selesai harus tetap di semprot dengan fixsatif, agar tidak kotor, rusak tergores, dan menghindari gangguan jamur

Beberapa merek pensil charcoal memiliki lever kehitaman berbeda antara lain:
1. Hard: Jika diarsir mata pensil terasa keras, warnanya tidak terlalu hitam. Cocok untuk meratakan arsiran awal. Lebih awet masa pakainya.
2. Medium: kriteria penyeimbang antara keduannya, tidak terlalu keras, tidak terlalu gelap.
3. Soft: jika diarsir mata pensil lebih lembut, hitam pekat, super sensitif. Untuk menajamkan mata pensil terkadang harus menggunakan pisau/cutter, jika nekad menggunakan rautan putarlah secara perlahan supaya tidak cepat patah. Mengarsir dengan pensil charcoal jenis soft bagusnya untuk membuat blok hitam, efek gelap. Karena lembut saat mengarsir banyak partikel arang yang menempel pada permukaan kertas, akan terlihat kasar dan mengeluarkan tekstur. Termasuk pensil yang cepet habis.

Mengarsir dengan pensil charcoal lakukan secara perlahan dan merata. Juga siapkan kertas bersih untuk menutup gambar jika memang harus menempelkan tangan pada permukaan kertas sebagai pijakan. Sebab karakter chracoal yang serba sensitif bisa membuat area gambar berantakan dan kotor.

Kemudian memperhatikan cara mengendalikan tekanan arsir. Ingat charcoal itu sensitif arsiran menekan akan memberi warna hitam pekat walau menggunakan versi hard, apalagi yang soft. beberapa merek sulit menghapus charcoal yang terlanjul kelewat gelap.

Dalam pensil charcoal, terdapat pesil versi woodless,yaitu pensil yang tidak dibungkus kayu. pensil woodless juga ada  versi grafit. Pensil murni bubuk arang padat berbalut keramik tipis pengganti kayu, agak lebih berat dan matap jika dipegang. Tapi tidak semua merek mengeluarkan jenis woodless.

Sialnya jika pensil jatuh memang nasibnya sudah pasti jadi bubuk. Tapi jangan takut dan sedih, walau sudah hancur tetap simpanlah kepingan dan bubuk dari pensil woodless itu, bisa ditumbuk menjadi charcoal powder atau bubuk arang, orang umum banyak menyebut bubuk konte. padahal jika merujuk conte itu sebuah merek dagang. akan ada bahasan varian charcoal untuk menggambar pada halaman lain, lebih banyak lagi variannya.

Comments

  1. Tengkyu informasi nya bang

    ReplyDelete
  2. eh bang, accounts instagram nya apaan yaak...??

    ReplyDelete

Post a Comment